Islam memuliakan dan menghargai sekali waktu. Dalam ajaran Islam, semua hari adalah baik. Namun, Islam memuliakan satu hari yang paling mulia di antara hari-hari yang lainnya. Hari itu adalah hari Jumat. Dalam bahasa arab hari Jumat disebut Jumuah yang berarti berkumpul. Karena hari keenam pada kalender Hijriah itu menjadi hari di mana umat muslim berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat bagi laki-laki.

Hari Jumat memiliki beberapa keutamaan yang luar biasa dibanding hari-hari lainnya. Sedikitnya ada 7 Alasan kenapa hari Jumat begitu istimewa dan kenapa kamu harus menjadikannya istimewa.

  1. Hari Jumat adalah Hari terbaik
Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat. (HR. Muslim)

Hadis di atas mengabarkan kepada kita bahwa hari Jumat sendiri memang dimuliakan oleh Allah. Pada hari itu dalam konteks sejarah, terdapat peristiwa yang cukup besar dan memiliki banyak hikmah bagi manusia. Hadist tersebut juga menjelaskan bahwa kita harus senantiasa mengingat hari akhir khususnya pada setiap menjelang hari Jumat. Sehingga kita selalu ingat untuk memohon ampunan-Nya

  1. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdoa
Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Taala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.

(Shahih Bukhari (I/224) kitab al-Jumah dan Shahih Muslim (II/584) kitab al-Jumuah)

Allah, berdasarkan hadis di atas menyediakan sebuah waktu yang ketika kita berdoa akan dijawab oleh Allah. Kita bisa membayangkan betapa luar biasanya hari Jumat ini. Kita diberikan kisi-kisinya oleh Allah melalui hadis ini tentang waktu itu. Jadi, sudah sepatutnya hari Jumat ini kita jadikan hari yang istimewa.

  1. Hari yang Manyediakan Ampunan
Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi Jumat, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jumat yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari. (HR. Muslim no. 857)

Apakah kamu manusia yang merasa banyak dosa? Hadist ini menerangkan tersedianya ampunan bagi kita, bahkan untuk Jumat yang lain. Bagi manusia yang dhoif dan banyak dosa seperti kita, tentu ini merupakan kabar gembira. Karena dosa-dosa kita dapat diampuni dengan memanfaatkan fasilitas Allah yang tersedia pada hari ini.

  1. Jalan Aja Berpahala
Barangsiapa mandi pada hari Jum'at, berangkat lebih awal (ke masjid), berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat yang sia-sia, maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun. (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami, no. 6405)

Banyak hadis yang menerangkan tentang keutamaan berjalan kaki menuju masjid untuk sholat berjamaah. Dalam hadis di atas diterangkan keutamaan dalam berjalan menuju masjid untuk menunaikan sholat Jumat berjamaah. Hanya dengan berjalan menunaikannya saja kita dapat ganjaran kebaikan yang luar biasa.

  1. Dia Bakal Jadi Pengingat Kamu
Pada hari Jumat umat muslim melaksanakan kegiatan mingguan yang biasa disebut Jumatan. Ia merupakan kegiatan sholat berjamaah di waktu dzuhur pada hari Jumat dengan tambahan khutbah/ceramah di dalamnya. Di antara hikmah disyariatkannya khutbah adalah untuk mengisi dan mengingatkan kembali kita kepada Allah.

  1. Hari Persiapan Ikut Kajian Mingguan
Indonesia tidak menetapkan hari Jumat sebagai hari libur mingguan. Sebagian besar perusahaan, sekolah dan instansi pemerinta menetapkan hari liburnya pada hari minggu. sebagian lain bahkan mengikut sertakan hari sabtu sebagai hari libur. Hari Jumat dengan kegiatan Khutbah dan sholat berjamaahnya harusnya bisa membuat kita meningkatkan keimanan pada hari itu. Setelah itu kita dapat menyambungnya dengan ikut kegiatan kajian keislaman mingguan di hari sabtu atau minggu.

6 hal di atas adalah alasan yang sangat kuat yang membuat hari Jumat begitu istimewa. Dan bukan hanya itu, kita juga harus menjadikannya hari yang istimewa dengan kebaikan-kebaikan .

Sumber:

http://www.fimadani.com/10-keutamaan-hari-jumat/

https://rumaysho.com/9515-keistimewaan-hari-jumat.html

KOMENTAR