Abu al-Salt, bernama lengkap Umayya ibn Abd aI-Aziz ibn Abi al-Salt al-Dani al-Andalusi (1068 - 23 Oktober 1134) adalah seorang polymath dari Andalusia, yang karya-karyanya mengenai instrumen-instrumen astronomik dikenal luas di dunia Islam maupun Eropa. la juga seorang fisikawan, pengajar ilmu kimia, dan telah menulis beberapa risalah tentang obat-obatan, filosofi, musik, dan sejarah. la menjadi sangat terkenal di Eropa karena tulisan-tulisannya yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. La juga dipuji karena memperkenalkan musik-musik Andalusia ke Tunisia.

Abu al-Salt diketahui mencoba memindahkan berton-ton tembaga yang mengendap di dasar Sungai Nil dengan menggunakan tali sutera.

Abu al-Salt lahir di Denia, al-Andalus. Ayahnya wafat semasa ia masih kecil. la kemudian menjadi murid Al-Waqqashi (1017 - 1095 M) dan Toledo, yang merupakan sahabat dan Al-Zarqali. Setelah menyelesaikan pendidikan matematikanya di Seville, dan dikarenakan semakin meningkatnya konflik pada masa Reconquista, maka ia dan keluarganya mengungsi ke Alexandria, kemudian ke Kairo pada tahun 1096.

Di Kairo, ia bekerja untuk penguasa fatimiyah yaitu: Abu Ta mim Maadd al-Mustanir bi-llah dan juga bekerja untuk seorang pejabat tinggi yaitu Al-Afdal Shahanshah. Dia mengabdi sampai tahun 1108, dan kemudian (menurut Ibn Abi Uaybia) ia berhenti, karena usahanya untuk menyelamatkan sebuah kapal besar bermuatan tembaga yang terbalik di sungai Nil, berakhir dengan kegagalan. Abu al-Salt telah membuat semacam alat mekanik untuk menyelamatkan kapal tersebut, ia hampir saja berhasil ketika tiba-tiba tali sutera pada alat tersebut putus. Kemudian, Al-Afdal, sang pejabat tinggi memerintahkan agar Abu al-Salt ditahan, ia kemudian dipenjara selama lebih dari tiga tahun, dan dibebaskan pada tahun 1112.

Abu al-Salt kemudian meninggalkan Mesir menuju Kairo dan di Tunisia, di sana ia mengabdi kepada Zinids di Ifriqiya. Sekali waktu ia bepergian ke Palermo dan bekerja di istana Roger I di Sisilia sebagai fisikawan tamu. Ia wafat di Bejaia, Algeria. Abu al-Salt menulis sebuah karya ensiklopedi dan berbagai risalah tentang disiplin ilmu yang dikenal sebagai Quadrivium. Karya ini kemungkinan besar dikenal dalam bahasa Arab sebagai Kitab Al-Kafi fi Al-Ulum ia juga memiliki ketertarikan di bidang kimia dan obat-obatan herbal. Ia sangat tekun berusaha dan bahkan terobsesi untuk menemukan obat mujarab yang mampu mengubah tembaga menjadi emas, dan timah menjadi perak.

*Disadur dari Ensiklopedia Tokoh-Tokoh Muslim dengan pengubahan seperlunya.

Baca jugaBapak Ilmu Optik Modern

KOMENTAR