Abu Mansur Muwaffaq

Abu Mansur Muwaffaq berasal dan Herat, (sekitar abad ke 10). Ia adalah seorang ahli farmasi dan kimiawan yang sangat berpengaruh. Abu Mansur Muwaffaq adalah penulis dari The Foundations of The True Properties of Remedies, di situ ia menuliskan tentang 585 jenis obat.

Ketika tengah terjadi krisis air di wilayah sekitar lingkungan nya, maka Abu Mansur Muwaffaq pun mempelajari sifat-sifat air dan juga mendeskripsikan penyulingan air laut untuk diubah menjadi air minum. Dan untuk itu, ia pun mengarungi dan melakukan penelitian di wilayah-wilayah Laut Khwarezm, Laut Kaspi, dan Laut Arab.

Semasa hidupnya, ia sangat terinspirasi oleh karya-karya Abu Rayhan Al-Biruni, terutama dalam bidang kimia dan farmakologi.

Al-Simawi

 

Abu al-Qasim Ahmad ibn Muhammad al-Iraqi al-Simawi (1260) adalah seorang kimawan Muslim yang berasal dari Baghdad, Irak. Dia melakukan banyak sekali eksperimen kimia, dan ia juga merupakan pengarang dari kitab terkenal: Kitab al-Im al-Muktasab fi Zirat aI-Dhahab (The Book of Acquired Knowledge Concerning the Cultivation of Gold).

Kimiawan Muslim lainnya yang bernama Al-Jiidaki sangat terinspirasi oleh karya-karya Al-Simawi dan menulis banyak komentar dari berbagal referensi berkaitan dengan karya-karya Al Smawi.

*Disadur dari Ensiklopedia Tokoh-Tokoh Muslim dengan pengubahan seperlunya.

Baca jugaSang Penulis Quadivrium

KOMENTAR