Setiap amalan tentu saja mempunyai keistimewaan masing-masing. Baik itu amalan mahdhoh maupun ghoiru mahdhoh. Termasuk amalan puasa.

Salah satu keutamaan puasa adalah janji Allah berupa surga baginya. Dan lebih hebatnya, surga itu surga eksklusif atau surga khusus untuk orang-orang yang berpuasa.

Sahl radhiallahu anhu dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi.” (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947).

Ar-Rayyan, itulah nama surga khusus untuk orang-orang yang berpuasa.

في الجنة ثمانية أبواب فيها باب يسمى الريان لا يدخله إلا الصائمون

“Di surga ada delapan pintu. Di antaranya ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Tidak dibolehkan memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari, no. 3017)

 

Tidak ada yang bisa memasukinya kecuali telah melakukan amalan berupa puasa.

Ibnu Hajar berkomentar dalam Fathul Bari, 4: 132, bahwasanya Ar Rayyan dengan menfathahkan huruf ro’ dan mentasydid ya’, mengikuti wazan fi’il (kata kerja) dari kata ‘ar riyy‘ yang maksudnya adalah nama salah satu pintu di surga yang hanya dikhususkan untuk orang yang berpuasa memasukinya. Dari sisi lafazh dan makna ada kaitannya. Karena kata ar rayyan adalah turunan dari kata ar riyy yang artinya bersesuaian dengan keadaan orang yang berpuasa. Orang yang berpuasa kelak akan memasuki pintu tersebut dan tidak pernah merasakan haus lagi.

Semoga kita menjadi salah seorang yang bisa memasuki pintu Ar-Rayyan. Aamiin. Wallahu musta’an.

 

KOMENTAR