Alangkah baiknya setiap apa yang kita lakukan sesuai dengan sunnah. Setiap amal perbuatan sesuai dengan keseharian Rasulullah. Kadang ada hal yang luput dari perhatian kita. Padahal itu termasuk hal yang dianjurkan oleh Rasulullah, misalnya dalam hal memilih warna pakaian. Warna apakah yang disunnahkan oleh Rasulullah?

 

Mari kita simak hadis berikut ini,

عن ابن عباس رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: البسوا من ثيابكم البياض فإنها من خير ثيابكم

 

Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pakailah oleh kalian pakaian yang putih karena itu termasuk pakaian kalian yang paling baik.” (HR. Abu Daud {4061}, At-Tirmidzi {994}, dan Ahmad {1/247}. Berkata At-Tirmidzi bahwa hadis ini hasan shahih. Syaikh Ahmad Syakir {2219} berkata bahwa sanad hadis ini shahih, dan Al-Bani menshahihkannya).

 

وعن رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم البسوا البياض, فإنها أطهروأطيب

 

Samurah berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pakailah oleh kalian yang berwarna putih karena ia yang paling suci dan paling baik. (HR. An-Nasa’i {2023}, Al-Hakim {4/185}. Al-Hakim berkata bahwa hadis ini shahih).

 

Dari dua hadis di atas kita ketahui bahwa warna pakaian yang disunnahkan oleh Rasulullah adalah warna putih. Lalu bagaimana dengan warna lain, apakah diperbolehkan? Semoga bisa kita bahas di artikel mendatang.

KOMENTAR