Testimoni Kajian Arek Hijrah

Yuda Hari Wibowo/ Yupal

Siapa yang tidak kenal, dengan Yuda Hari Wibowo! Dikalangan komunitas punk Surabaya pasti mengenalnya. Dikalangan punk surabaya dia dipanggil dengan Yupal. Dia adalah anak musik motor kloneng. Anak punk dimata masyarakat terkesan angker dan tidak beraturan. Apapun yang dilakukan selalu dianggap jelek. Padahal pandangan itu tidak semua benar. Setiap manusia ada batas kesadarannya. Menyukai oplosan sudah menjadi teman hidupnya. Untuk membalik perilaku itu semua sangat sulit dan butuh waktu. Namun pelan tapi pasti, bisa dilakukan.

Dimata Yupal hijrah menurutnya, hanya sebuah cerita belaka. Pertama kali diajak teman. Dan ajakan itu dianggapnya sebagai angin lalu. Sama sekali tidak dihiraukan.

Namun seiring waktu, fikirannya klimak. Rasa bosan dalam pergaulan sangat dirasakan. Dan akhirnya kembali kepada ruh-Nya. Pertama kali sangat sulit. Apalagi istiqomah menjalaninya!. Mengingat orang tua, bertambah semangat untuk berbuat baik. Apalagi ingat akan doa-doa mereka! "Siapa lagi nanti yang mendoakan mereka, kalau bukan kita?" ujar yupal dengan semangat

Sudah menjadi eforia orang hijrah itu. Jangan melarang orang, kalau kita masih belum benar. Kita harus punya dasar ilmu dulu, sebelum menyuruh orang sadar. Tetap Menjaga hubungan teman-teman itu lebih baik. Dan tahu akan batasan-batasan dalam pergaulan. Meskipun sering ditegur teman, atas semua perubahan kita. Kita tunjukan dengan senyum aja. Beda dulu dengan sekarang! "Sebelumnya hijrah sangat jauh dengan orang tua, sekarang semakin dekat." kata yupal dengan tersenyum.

Agar tetap menjaga keharmonisan komunikasi keluarga. Belajar agama step by step. Artinya selalu bertahap, mulai satu sampai lima. Mampu menunjukan akhlak kita dengan baik kepada siapa saja. Kedepan dalam dakwahnya, yaitu mengajak dikomunitas teman-teman kita untuk segera berhijrah.

Pengalaman sebagai pembelajaran. Bagaimana tetap berusaha taat kepada agama. Seperti Rosulullah yang mempunyai kesabaran tinggi dalam mendidik umatnya. Ini semua berkat pertolongan Allah Swt.

KOMENTAR