Sabtu 21 oktober 2017, Komunitas Muslim Masjid Al-Madani Pakuwon City Surabaya mengadakan Kajian Arek Hijrah dengan nara sumber Cupink Topan dari Jakarta. Sebagai pemandu acara Ustadz Aditya Abdurrahman.

Namun sebelum sesi 2 dimulai, sesi 1 sudah ada dua saudara kita yang berani hijrah dan melakukan testimoni dihadapan jamaah Masjid Al Madani Surabaya. Mereka adalah Yupal dan Capo Ipul. Syukur Alhamdulillah perubahan kebaikan itu menjadi panutan di komunitasnya.

Sementara acara utama sesi 2, tak kalah menariknya kehadiran Cupink Topan. Dimana dia nanti juga memberikan gambaran dalam berhijrah. Memberikan tip kepada jamaah semua, cara berdakwah dilingkungan dunia ke entertainment.

Acara ini dihadiri 200 jamaah lebih. Yang berasal dari mahasiswa Surabaya. Mulai ITS, UPN dan kalangan jamaah Masjid Almadani Surabaya. Tak ketinggalan pula Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc, ES, Ph.D, juga hadir diantara jamaah. Dengan tema Kajian Arek Hijrah ini adalah, " Taat itu Keren". Dengan Yel....yel...taat itu keren yang dipimpin oleh seorang MC. Namun sebelum acara dimulai sesi 2, Cupink Topan dipersilahkan untuk adzan magrib dulu. Dengan potongan rambut panjang gimbal dan berjambang, tidak mengira bahwa dia mampu melakukan adzan dengan suara merdu. Sebagian jamaah pun ada yang mengabadikan lewat hp masing-masing.

Setelah sholah magrib selesai, kajian arek hijrah dimulai. Dipandu Ustad Aditya Abdurrahman yang gaul dengan nara sumberCupink Topan, sangat pas bagi kalangan anak muda Kota Surabaya. Karena mereka berdua berjiwa muda dalam berdakwah. Hanyut dan mengalir pembawaannya. Apalagi Cupink Topan juga sebagai aktor film The Raid. Meskipun terjun di dunia keartisan, namun agama menjaga nomer satu bagi Cupink.

Karena sejak kecil sampai kuliah, selalu belajar agama Islam. Menurut Cupink, waktu kuliah dulu ia mengambil jurusan bahasa arab, lalu pindah ke jurusan ke perbankan syariah. Dari jurusan tarbiah ke syariah. Namun drop out ditengah perjalanan.

Dari Kota Makasar merantau ke Jakarta. "Ini ada cerita sedikit. Gara-gara ikut ajang model dan menjadi juara favorit, bisa pergi ke Ibukota Jakarta." ujarnya dengan tertawa. Padahal waktu itu usianya sudah 23 th, dan batas usia model 21 th. Karena jasa teman, untuk merubah identitasnya, akhirnya bisa mengikuti ajang model tsb. Waktu itu belum kribo seperti sekarang. Sempat bergumam dalam hati, bahwa menjadi model itu tinggi ganteng, putih, tapi saya pendek hitam dan jelek, ha....ha...ha...!!

Waktu di Jakarta pertama kali main film berjudul "Terowongan Casablanka." "Kesempatan ini dari Allah tidak datang dua kali. Saya berdoa kepada Allah, kalau ini jalan karir saya, berilah jalan terbaik ya Allah." ujar Cupink. Dunia akting belajar secara otodidak. Meskipun sibuk dalam dunia film, tidak pernah sekalipun meninggalkan sholat. Karena itu menjadi kewajiban yang harus dijalani sejak kecil.

Ketika di Jakarta pertama dan ketemu gubernur yang sama-sama berasal dari Sulawesi dicuekin. Namun hal itu dianggapnya biasa. Waktu menjadi imam sholat bersama teman-teman dan membaca surat al fatihah, di video oleh ajudan gubernur dan di up load di sosmed. Sehingga langsung viral. Hampir 3 juta follower.

Dengan kejadian itu, Gubernur memanggilnya melalui ajudannya. Bahwa Gubernur mau ketemu. Namun perasaan Cupink heran waktu itu! Setelah diajak makan, tidak disangka dan dikira, lalu diberi amplop berisi uang. Tidak berapa lama dia pun langsung pamit pulang. Dengan kejadian itu, dia teringat masa kecil dulu dikampung halaman. Dimana orang tuanya selalu menganjurkan keras untuk belajar agama islam. Mengaji sudah menjadi kewajiban disana. Kalau tidak mau, pasti dipukul.

Sehingga anak-anak sampai hafal betul ayat suci alqur'an. Karena suaranya enak, Cupink pun sering ikut lomba adzan di kampung halaman. Bahkan suara adzannya dipakai salah satu tv nasional untuk mengisi adzan magrib sampai sekarang. Dan sudah hampir tiga tahun dipakai di tv tsb.

Sementara dalam belajar qori lewat you tube dan dari beberapa referensi, termasuk Imam Ahmad dan Anas Barak. Mereka adalah qori terkenal. Yang mempunyai perbedaan karakter suara merdunya. Antara suara rendah dan tinggi. Sebagai bahan belajar, saya kombinasikan keduanya.

Lalu ditirukan dengan baik dan latihan setiap waktu. Soalnya setiap qori dan imam itu iramanya berbeda. Kita cari yang terbaik. Yang penting bisa mengatur nafas dari perut dan dada. Dan latihan berulang-ulang.

Kita akui dalam dunia keartisan tak terlepas dari dunia malam. Harus mempunya prinsip untuk diajak kebaikan. Walaupun di dunia entertainment, ajakan dan rayuan ke narkoba sangat rentan. Tidak semua di dunia malam itu buruk? Biarkan mereka. Jalan kita berbeda.

Menurut Cupink, menambahkan, jalan entertainment adalah jalannya berdakwah. Harus memahami dan memotivasi mereka. Dengan masuk di dunia entertainment, saya selipkan dakwah sedikit-dikit. Kadang-kadang masih ada kepentingan dari media sebagai media dakwahnya. Sudah banyak teman yang hijrah selain saya.

Tip menjaga suara merdua adalah, suka menghafal surat-surat alquran. Selalu dibaca berulang-ulang agar tidak lupa. Dalam bergaul sama siapa pun, tetap menjaga diri kita. Lebih banyak belajar motivasi. Agar kedepan lebih baik. Suatu hal yang wajar, jika mengajak kebaikan itu.

Ada tip bagi para hijrah agar lebih baik dari sebelumnya. Carilah komunitas-komunitas yang baik. Mendengarkan ceramah, pergi ke majelis taklim. Semuanya perlu proses menuju jalan kebaikan itu. Beri pemahaman orang tua, bahwa dunia glamor itu juga ada celah untuk berbuat baik. Harapan saya lihat ke depan, agar lebih baik lagi.

Meskipun berambut gimbal, tapi selalu menjaga kebersihan. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagian orang menganggap, bahwa berambut gimbal itu buruk.

" Gara-gara rambut gimbal saya, mengisi acara di dibekasi dihadang security. Padahal itu acaranya Ust. Somad. Dan tidak ada yang memberitahu. Namun salah satu teman membisik pihak aecurity, bahwa dia adalah salah satu pengisi acaranya. Pihak security pun mempersilahkan masuk?" kata Cupink dengan tertawa.

Kejadian unik lain pun juga sering terjadi. Seperti ada rencana mau potong rambut gimbalnya! Setiap mau potong rambut, selalu dapat job iklan atau main sinetrone, sehingga gagal terus untuk memotong rambut.

Jangan melihat orang dari penampilannya. Meskipun berambut panjang dan gimbal, belum tentu mempunyai sifat buruk. Begitu pun dengan dunia keartisan yang glamor! Mereka mempunyai jalan kebaikan sendiri. Karena berdakwah tidak membedakan situasi dan kondisi. Tetap taat di jalan Allah, adalah keren.

Kita definisikan sendiri bahwa keren itu mempunyai makna tersendiri? Dimana nilai keren itu sangat tinggi dimata Allah Swt. Seperti Rosul, bahwa dia adalah orang keren yang menjadi panutan semua umat manusia didunia.

KOMENTAR