Di suasana pagi yang cerah (24/10/2017), para pengusaha muslim Jawa Timur, berkumpul dalam menyatukan visi usahanya. Mereka datang dari berbagai Kab/ Kota di Jawa Timur. Dihadiri 26 peserta. 12 orang putra dan 14 orang putri. Mereka adalah pengusaha muda yang masih mempunyai omset antara 5 - 15 juta/ bln. Kegiatan ini sebagai sharing usaha untuk meningkatkan omset usahan mereka hingga 100 juta/ bln. Bertempat di Gorgir Jl. Dukuh Kupang Barat XXII 5-7 Surabaya.

Dalam acara ini, Septian T. Arizona(Founder Academy Spiritual Company), memaparkan, bahwa bisnis itu harus berkah dan mempunyai manfaat bagi orang lain. Sudah waktunya, para pengusaha muslim yang mempunyai usaha bersatu untuk membangun usahanya. Agar ada kekuatan sinergi dan mampu berkembang dengan baik.

Business Transformation itu harus berkah agar profitnya berlimpah. Dimana perkembangan bisnis itu sesuai dengan syariah. Artinya menjauhi semua bisnis yang dilarang oleh agama. Ada 9 pilar dalam berbisnis yang sesuai dengan syariah. Artinya peran spiritual dalam bisnis sangat berpengaruh di dalamnya. Seperti contoh, karyawan di wajibkan untuk sholat, menjaga kejujuran, membangun kinerja yang baik dll. Agar mempunyai tauhit yang kuat mereka. Semua dilakukan management agar bisnisnya mendapat ridlo dari Allah Swt.

9 Pilar dalam membangun bisnis yang kuat itu adalah :

  1. Omset : seorang pengusaha selalu memikirkan untuk menaikan omset setiap harinya
  2. Kepuasan Pelanggan : Melayani dengan baik, memberikan produk yang bagus, harga bersaing, itu adalah salah satu strategi bisnis. Sehingga pelanggan merasa puas.
  3. Cost/ Biaya: Kalau bisa omset naik, biaya kecil. Tetapi jika omset naik, harga barang naik. Ini percuma. Sehingga keuntungan jadi besar.
  4. Kinerja : Kinerja karyawan harus bagus. Karyawan cerdas, cost turun dan omset bisa naik. Jika kinerja turun sangat berpengaruh pada perusahaan.
  5. Organisasi : Punya bisnis harus mempunya organisasi. Membangun jaringan relasi sesama pengusaha muslim.
  6. Sisi kemanusiaan : Setiap perusahaan harus sewajarnya memanusiakan manusia/ karyawan. Menyediakan mushola yang memadai untu karyawan dan konsumen, toilet yang bersih. baik untuk karyawan atau konsumen.
  7. Spiritual : Semua elamen harus mengerti akan sunah. Artinya mampu membedakan yang baik dan buruk.
  8. Leadership : Kinerja karyawan harus berkualitas dan sesuai dengan job desk nya/ bagiannya.
  9. Bisnis owner mentality : Seorang pebisnis harus mempunyai mental yang bagus. Sabar, jujur, bijaksana dll.
Sembilan pilar itu adalah jalan menuju iman dalam berbisnis. Kalau semua dijalani dengan baik, akan sukses. Artinya Kalau iman beres, bisnis kita sukses. Mengerti arti tiga pertanyaan fundamental manusia terhadap Allah Swt. Darimana kita berasal? Untuk apa kita hidup? Mau kemana kita pergi?

Jawabannya adalah dari Allah subhanahu wata'ala. Dimana kehidupan sebelum dunia. Lalu melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan selama di dunia. Yang terakhir mempunyai tanggung jawab atas kehidupan dunia, antara surga dan neraka. Selalu menjaga perbuatan baik. Dan jujur kepada siapa saja. Agar bisa bukti kehidupan setelah dunia.

Sementara itu Aldy Pradika (Owner Majelis Mie & De Rayyan Property Syariah), memberikan sedikit gambaran strategi dalam berbisnis. Ilmu ini ditularkan kepada peserta Business transformation dalam membangun jaringan bisnis yang berkah dan mampu meraup keuntungan yang melimpah.

Sempat Aldy memberikan pertanyaan kepada peserta seminar diawal sesi 2 ini, kenapa bisnis kita stagnan(jalan ditempat)? " Yang bisa menjawab, acungkan tangan?" ujarnya. Namun diantara 26 peserta tidak ada yang mampu menjawabnya? Dengan sedikit rilek dan santai Aldy menjelaskan kepada peserta seminar Business transformation tsb. Ada tiga teori disini, mengapa bisnis kita stagnan! yang pertama, kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan? Lalu yang kedua, kita melakukan apa yang kita tidak tahu? Dan yang ketiga, tidak melakukan apa yang kita tahu?

Ini yang membuat bisnis kita berjalan ditempat? Semestinya, mengerti tiga hal itu dalam mengembangkan bisnis kita sudah cukup?. Hanya aktionnya belum ada? Allah menciptakan manusia berbeda dengan makhluk lain. Karena manusia mempunyai akal. Dan makhluk lain tidak. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna didunia. Dia mempunyai kebutuhan jasmani. Mempunyai naluri. Naluri yang pertama mempertahankan diri, ingin memiliki keturunan(mencintai orang lain), serta mengikuti keinginan hati.

Dalam berbisnis juga ada fakta terindera. Artinya alat indera itu adalah otak/ akal, sebagai buah pikiran dalam mengambil keputusan yang tepat dan tegas. Seperti contoh, bergadang harus jujur dan tanpa riba. Bekerja adalah ibadah. Agar pola fikir kita menjadi manusia sukses dan barokah. Karena sesuatu yang kecil pun, kalau karena Allah akan barokah.

Bisa juga bisnis kita tidak jalan, karena perilaku pengusaha sendiri. Karena tidak menerapkan hukum islam yang sudah ada. Mulai sekarang kita bedah semua, apa dan bagaimana yang harus kita lakukan dalam berbisnis itu? Melakukan tindakan yang sesuai dengan target kita. Perlu adaanya promosi dan rekrutmen karyawan. Menjaga sikap Sikap(jujur): ikhlas, perbaiki ibadah, silaturahim, dan sabar dalam berbisnis. Mempunyai tujuan dan target yang jelas? Inovasi dalam berbisnis(melalui sosmed dll). Membaca peluang yang ada. Kalau semua sudah dilakukan Insya Allah target maksinal akan tercapai dan akan mendapat omset tinggi.

KOMENTAR