Seringkali jika kita berpapasan dengan seseorang, entah itu tetangga atau kerabat kita mengucapkan monggo dan kata-kata semisalnya tergantung daerah masing-masing. Apakah itu salah? Tidak salah memang. Sah-sah saja seseorang mengatakan monggo kepada orang lain. Akan tetapi agama kita yang mulia ini telah mengajarkan bagaimana sikap kita dan ucapan kita jika bertemu dengan orang lain yang seiman.

Imam al Bukhari membawakan dalam kitab shohihnya bab mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal. Dari Abdullah bin Amr bahwasanya ada seseorang yang bertanya pada Nabi shallallahu alaihi wa sallam,

Amalan Islam apa yang paling baik? Beliau shallallahu alaihi wa sallam lantas menjawab, Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali. (HR. Bukhari no. 6236)

Dari hadis diatas bisa kita pahami, bahwa mengucapkan salam baik kepada orang yang dikenal maupun orang asing merupakan salah satu amal yang utama. Tentu kita tidak serta merta mengucapkan salam kepada setiap orang di jalan saat berkendara. Kondisi kita mungkin saat ini berbeda dengan zaman nabi, dimana jalan-jalan saat itu tidak dilalui orang sebanyak saat ini. Akan tetapi hadis di atas bisa dengan mudah kita terapkan ketika kita pulang dari masjid. Selain jumlahnya tidak terlalu banyak, bisa dipastikan orang-orang yang pulang dari masjid adalah orang-orang muslim semuanya.

Jika kita melihat dari hadits di atas, akan terlihat perintah untuk memulai mengucapkan salam ketika bertemu saudara muslim kita yang lain. Namun sebagaimana dinukil dari Ibnu Abdil Barr dan selainnya, mereka mengatakan bahwa hukum memulai mengucapkan salam adalah sunnah, sedangkan hukum membalas salam adalah wajib. (Subulus Salam, 7/7)

Bahkan Ibnu Hajar mengatakan, Mengucapkan salam kepada orang yang tidak kenal merupakan tanda ikhlash dalam beramal kepada Allah Taala, tanda tawadhu (rendah diri) dan menyebarkan salam merupakan syiar dari umat ini. (Lihat Fathul Bari, 17/459)

Jadi alih-alih mengucapkan monggo kenapa tidak mungucapkan salam seperti sunnah nabi kita yang mulia Muhammad. Sesuai sunnah, insya Allah berpahala.

KOMENTAR