Meskipun kita tidak tahu pasti, tapi secara kasar kita pasti bisa memperkirakan bahasa apa yang paling banyak digunakan dan menjadi bahasa internasional. Ya benar, bahasa Inggris. Bahasa ini bahkan menjadi bahasa wajib yang harus dipelajari di setiap sekolah-sekolah terutama di indonesia. Mulai SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajin. Di tingkat SMP dan SMA malah standar kelulusan juga dinilai dengan bagus atau tidaknya mata pelajaran ini.

Di dalam laporannya, washington post menyebutkan, hingga tahun 2015 sudah ada sekitar 1,5 miliar orang dari 7 miliar orang di seluruh dunia yang mempelajari bahasa ini. Bahasa Inggris malah mengalahkan bahasa-bahasa mayoritas lainnya. Lihat https://www.washingtonpost.com/news/worldviews/wp/2015/04/23/the-worlds-languages-in-7-maps-and-charts/?utm_term=.1d7a663a2e59

Memang jika dibandingkan dengan dua pilihan, memilih bahasa Arab atau bahasa Inggris, kita tentu saja harus memilih bahasa Arab. Karena ini adalah bahasa al-Quran dan bahasa rasul kita yang mulia Nabi Muhammad. Tetapi mempelajarinya bukan sebuah keburukan, malah sebuah keharusan karena bahasa ini sudah dipakai oleh banyak orang. Sistem informasi pun lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dari pada bahasa lainnya.

Bahkan Syaikh Utsaimin Rahimahullahu pun berharap bisa menguasai bahasa Inggris untuk jalan dakwah. Berikut nukilah dari beliau

وإن كنا نرى كما هو واقع أن اللغة العربية أفضل اللغات وأشرفها؛ لأنها لغة القرآن الكريم ولغة سيد المرسلين عليه الصلاة والسلام، لكن هذه لغة عالمية مشهورة يتكلم بها المسلم والكافر، ثم هي مقررة عليك حتى وإن كانت لغة الكفار، فإنك ربما تحتاجها في يوم من الأيام، أنا أتمنى أني أعرف هذه اللغة؛ لأني وجدت فيها مصلحة كبيرة، يأتي رجل ليسلم بين يديك فلا تستطيع أن تتفاهم معه

“Kami berpandangan–sebagaimana realitas yang ada–bahwa bahasa Arab tetap adalah bahasa yang paling mulia. Karena bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an Al Karim dan juga menjadi bahasa para Rasul ‘alaihish sholaatu was salaam. Akan tetapi bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang begitu masyhur. Bahasa ini digunakan oleh muslim dan kafir (sehingga sekarang tidak bisa lagi disebut bahasa khas orang kafir, pen). Di samping itu, bahasa Inggris itu menjadi bahasa yang wajib Anda pelajari (diberbagai jenjang pendidikan, pen). Andai bahasa Inggris adalah bahasa khas orang kafir, boleh jadi pada suatu waktu Anda membutuhkannya.

Aku sendiri berangan-angan, andai saja aku bisa menguasai bahasa Inggris.  Sungguh, aku melihat terdapat manfaat yang amat besar bagi dakwah jika saja bahasa Inggris bisa kukuasai. Karena jika kita tidak menguasai bahasa tersebut, bagaimana kita bisa berdakwah jika ada yang masuk Islam di hadapan kita.” (Liqo’ Al Bab Al Maftuh kaset no. 61, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin)

Tentu saja jika keinginan belajar bahasa Inggris hanyak untuk terlihat keren, sukses dunia, dan bisa keluar negeri adalah niat yang keliru. Tetapi jika bertujuan untuk memperlancar dakwah kenapa tidak. Jadi kapan kita mulai belajar bahasa Inggris?

KOMENTAR