Ada banyak cara menghabiskan hari Ahad bersama keluarga. Ada yang berenang bersama, jalan-jalan ke mall, atau

pergi rekreasi ke pantai. Tidak banyak yang bisa mengisi hari ahad dengan nilai pendidikan Islam, olah raga, dan hiburan. Nah program gohijrah.com dengan tema Ahad Ceria adalah salah satu kegiatan yang bisa menyatukan itu semua.

Berlokasi di daerah Rewwin Waru Sidoarjo, program Ahad Ceria dilaksanakan di awal bulan ahad pertama. Program ini awalnya hanya diikuti oleh kurang dari 100 orang saja. Tetapi semakin banyak yang menerima informasi mengenai program ini, Alhamdulillah, peserta Ahad Ceria yang dikhususkan untuk anak berumur 3 hingga 12 tahun tersebut, kini sudah diikuti lebih dari 500 anak.

Ahad ini, tema yang diambil adalah pengenalanTokoh Islam, Saad Bin Abi Waqqash, salah seorang pejuang yang terkenal dengan kemampuan memanahnya. Diasuh oleh Kak Hadiyan dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia, cerita sejarah yang terkadang membosankan menjadi menarik dan atraktif. Adikadik..., kata Kak Hadiyan memanggil peserta Ahad Ceria. Iya teriak mereka menjawab panggilan tersebut. Setelah itu mulailah Kak Menceritakan bagaimana kehidupan Saad Bin Abi Waqash yang saat muda memiliki kegemaran memanah tersebut. Tidak hanyak menceritakan Saad bin Abi Waqqash, Kak Hadiyan yang saat itu didampingi oleh Bu Sanggah, Kepala Sekolah PAUD Addakwah juga menceritakan kandungan surat An-Naba dengan cara yang unik. Setiap ayat di surat An-Naba diterjemahkan dengan isyarat jari tangan dan gerakan.

Sekitar 30 menit saja, Kak Hadiyan bercerita, anak-anak tersebut kemudian diajak untuk berlatih memanah balon. Tidak itu saja, Kak Hadiyan juga mempersilahkan anak-anak yang tidak ikut memanah untuk berganti baju dan menuju kolam berenang yang berjarak sekitar 50 meter dari arena memanah.

Mendengar komando Kak Hadiyan, anak-anak kemudian lari berhamburan menuju tempat latihan memanah dan berenang. Acara yang dimulai sekitar 9 pagi tersebut, berakhir begitu mendekati waktu shalat dhuhur untuk daerah Surabaya dan sekitarnya.

KOMENTAR