Dikutip dari halaman politics.co.uk, the European Court of Justice (ECJ) baru-baru ini mengeluarkan putusan terkait pelarangan penggunaan hijab di dunia kerja. Putusan tersebut terkait isu penggunaan unsur-unsur politik dan agama, termasuk di dalamnya penggunaan hijab. Dalam putusan itu ECJ menjelaskan bahwa perusahaan yang melarang pegawai mereka untuk menggunakan atribut politik dan agama bukanlah bentuk diskriminasi. Pelarangan ini tidak hanya berlaku untuk hijab namun juga simbol-simbol Agama lain dan politik.

ECJ sendiri adalah pengadilan tertinggi di Uni Eropa. Keputusan dari lembaga ini mendapatkan sambutan baik dari berbagai macam kalangan. Khususnya, kalangan nasionalis dan anti-muslim. Namun demikian tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap kebijakan ini sebagai bentuk pembatasan hak bagi seorang muslim.

Aturan Pelarangan untuk simbol agama dan politik ini seperti penyamaran untuk pelarangan hijab. Saya tidak dapat membayangkan simbol lain akan mempengaruhi banyak orang di eropa Ujar Warda el-Kaddourisaat diwawancara oleh Al-Jazeera.

Pengadilan telah memberikan putusan terkait dua perempuan muslim di Perancis dan Belgium yang dipecat perusahannya karena menolak melepaskan hijab. Mereka merasa hijab adalah bagian dari keyakinannya di dalam Islam.

Dalam Islam sendiri hijab merupakan perintah Agama yang tidak bias dipisahkan dari kehidupan seorang muslimah. Sebagaimana Allah menyebutkan di dalam Al-Quran:

Katakanlah kepada wanita-wanita beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.'(Qs. An-Nuur: 31)

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Qs. Al-Ahzaab: 59)

Sumber:

https://www.theguardian.com/commentisfree/2017/mar/15/hijab-ruling-muslim-women-religious-identity-european-court-of-justice-resistance

http://www.aljazeera.com/news/2017/03/employers-allowed-ban-headscarves-eu-court-170314092627483.html

https://www.theguardian.com/law/2017/mar/14/employers-can-ban-staff-from-wearing-headscarves-european-court-rules

https://muslimah.or.id/922-saudariku-apa-yang-menghalangimu-untuk-berjilbab-1.html

Foto:www.personneltoday.com

KOMENTAR